kedalaman CINTA

" Seberapa dalam cinta kamu? Seberapa dalam cinta pacar kamu? Semuanya bisa kamu ukur! Caranya, kamu ukur aja berdasarkan ciri-cirinya. Dan, menurut penasihat perkawinan Jim Sellner, ada enam tingkat kedalaman cinta.
1. Romance, yaitu cinta yang tumbuh, tetapi belum berakar. Cinta ini memperbudak. Dalam tingkat ini, antara kamu dan dia hampir nggak pernah ada konflik. Kalian berdua selalu saling membayangkan satu terhadap lainnya. Si dia serasa candu yang nggak pernah puasnya kamu bayangkan. Saat berpisah, kamu merasa seolah-olah hidup mengambang sampai kamu bertemu lagi dengan dia. Jangan terkecoh, tingkat cinta ini nggak bertahan selamanya. Ini hanya tingkat awal dari hubungan kalian berdua.
2. Komitmen Dini. Pada tingkat ini, kamu mempunyai harapan-harapan tinggi, tetapi belum cukup pengetahuan dan pemahaman terhadap pasangan kamu. Kamu belum tahu semua yang perlu diketahui. Akan tetapi, kamu sudah berani memutuskan untuk mengikatkan diri. Pada tahap ini, di dalam hati kamu masih ada prasangka dan ketakutan akan keterikatan.
3. Konflik. Kamu mulai merasa bahwa pacar kamu nggak memenuhi seluruh selera kamu. Kamu sadar dia nggak sempurna dan ini dapat menjadi fakta yang bikin ciut nyali kamu. Sebaliknya, partner kamu pun memerhatikan hal-hal negatif pada diri kamu. Pada tahap ini, biasanya kalian melakukan upaya keras untuk mencoba saling mengubah diri pasangan masing-masing. Nah, di tingkat inilah banyak pasangan yang pecah kongsi.
4. Penerimaan. Dalam tingkat ini, kalian berdua menyelesaikan konflik-konflik besar di antara kalian. Kamu melihat pacar kamu dengan lebih realistis. Begitu pula pacar kamu. Kekurangan-kekurangan yang ada pada doi, kamu terima sebagai sebuah paket dengan kelebihan-kelebihannya. Kamu mulai menyadari kenyataan bahwa masing-masing kamu adalah individu yang unik.
5. Komitmen. Pada tahap ini, kamu berhenti menekankan "Apa yang bisa aku peroleh dari hubungan ini?" Kamu mulai menggantinya dengan pertanyaan: "Apa yang bisa aku beri untuk hubungan ini?" Kamu nggak kemaruk lagi dan siap berdiri di sisi pacar kamu untuk menghadapi masa-masa yang keras. Jika perlu, dengan pengorbanan diri.
6. Romance Matang, adalah tingkat saat kalian berdua saling mengilhami dan saling membantu dalam menggapai cita-cita masing-masing. Pada tingkat ini, hubungan kalian berubah menjadi suatu bentuk pernaungan. Sebuah tempat di mana kalian dapat berteduh dan mendapatkan kegairahan kembali setelah berjuang menyelesaikan persoalan kalian masing-masing.

That's it, soal mengukur kedalaman cinta, silahkan kalian tentuin yang mana cinta kalian! Ok! ;)

1 komentar:

  1. makasih gan sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat
    sekali ijin sahare gan,,

    BalasHapus