komponen Cinta

" Kamu tau gak? Cinta itu sendiri terdiri dari bermacam-macam komponen. Menurut profesor Sternberg, komponen-komponen cinta adalah :
> Birahi adalah bagian dari cinta yang sangat kuat dan pekat. Muncul birahi cepet banget dan dinyatakan dalam bentuk sentuhan, ciuman, pelukan, dan persetubuhan. Birahi itu kayak narkoba, sesuatu yang bikin ketagihan dan dipuaskan dengan cepat.
> Keintiman adalah unsur emosional dari cinta yg di bagi lagi atas sub-sub unsur seperti :
- saling dekat (closeness) ;
- saling berbagi rasa dan penghayatan (sharing) ;
- komunikasi (communication) ;
- dukungan (support) .
Jika hubungan nggak berjalan dalam jangka panjang, keintiman akan layu dan mati.
> Komitmen adalah kepentingan dan perlibatan diri kita pada diri seseorang. Untuk pasangan, komitmen dinyatakan dengan perkawinan. Terus, kamu bareng-bareng deh, nerusin hubungan ini melewati masa-masa senang dan susah.

Ketiga komponen cinta tadi itu membentuk kombinasi-kombinasi yang berbeda. Kombinasi itu berdasarkan jenis hubungannya, adalah :
> Sayang.
Banyak persahabatan didasarkan pada rasa sayang yang mempunyai unsur closeness dan kehangatan, tetapi nggak mengandung birahi atau komitmen.
> Cinta Buta.
Jenis cinta ini hanya mengandung birahi. Umumnya, cinta lewat pandangan pertama tergolong dalam cinta jenis ini. Cinta buta nggak mengandung keintiman atau komitmen.
> Cinta Kosong.
Adalah cinta yang dibangun dengan unsur komitmen, tetapi nggak ada keintiman dan birahi. Hal itu sering terjadi pada pasangan yang udah nikah bertahun-tahun, terus bosen, dan kehilangan birahi. Mereka sekedar berkomitmen untuk tinggal bareng.
> Cinta Romantis.
Yang ini beda banget dengan cinta buta. Kedua pasangan betul-betul saling sayang dan saling memiliki passion. Jadi, ada keintiman dan birahi, tetapi nggak terikat untuk hidup bareng.
> Cinta Lengkap.
Setiap orang mendambakan cinta ini. Hanya cinta lengkap yang mencakup semuanya : intimitas, komitmen, dan passion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar